7 Kuliner Kota Banyuwangi yang Legendaris

7 Kuliner Kota Banyuwangi yang Legendaris – Masih seputaran Kota Banyuwangi nih gaes, setelah sebelumnya kita membahas tentang tempat-tempat wisata Banyuwangi yang eksotis tidak lengkap rasanya kalau tidak bahas tentang kuliner daerah Banyuwangi yang enak dan legendaris. Setelah lelah seharian berkeliling tempat wisata cocoknya memang mengisi tenaga dengan makanan yang enak dan bisa membangkitkan semangat lagi nih gaes, okelah tak perlu lama-lama yuk langsung menuju TKP.

Daftar 7 Makanan Kota Banyuwangi yang Enak

1. Sego Cawuk Bu Mantih

Makanan khas yang Legendaris Banyuwangi pertama adalah Sego Cawuk, Cawuk yang berarti mengambil dengan tangan, dan Sego berarti Nasi, namun meskipun begitu disediakan sendok juga kok gaes. Kuliner Legendaris Banyuwangi ini berlokasi di Jl. KH. Wahid Hasyim, Banyuwangi ini buka pada hari selasa – minggu (senin tutup) dengan jam buka dari mulai jam 06.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Sego Cawuk makanan khas Banyuwangi sendiri terdiri dari nasi putih yang disiram dengan kuah pindang, kuah rujak, kuah parutan kelapa, dengan lauk yang bermacam-macam sesuai dengan selera yang pasti rasanya nikmat. Lauk bisa sobat pilih sendiri dari mulai krecek (kulit sapi), dendeng sapi, telur, variasi hidangan pepes pun ada. Hidangan ini sangat cocok untuk sarapan pagi sebelum beraktifitas, rasa yang gurih, manis, pedas dan asam membuat semangat menjadi maksimal. Hidangan nikmat di kedai ini hanya dibandrol dengan harga Rp. 10.000,- s/d Rp. 20.000,- saja loh gaess.

Foto dari Travellingyuk.com

2. Pondok Rujak Soto

Selanjutnya untuk makanan khas yang legendaris dari kota Banyuwangi adalah rujak soto, Pasti traveller sekalian tahu dan pernah mencicipi makanan rujak dan soto, namun kalau dua hidangan itu dijadikan satu sudahkah sobat merasakannya?. Nah ketika ke Banyuwangi sobat harus merasakannya, perpaduan dari rasa rujak yang segar dan gurihnya kuah soto bersatu untuk menggoyang lidah para traveller sekalian karena nikmat, dengan kuah yang agak pekat namun lezat. Pondok Rujak Soto sudah ada sejak 1970 an yang berlokasi di Jl. Basuki Rahmat, Singotrunan, Kec. Banyuwangi – Banyuwangi ini buka pada jam 09.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB. Tiap porsi dari rujak soto hanya dibandrol Rp. 20.000,- cukup ringan di kantong.

Foto dari Gotravelly.com

3. Ayam Pedas Rantinem Genteng

Memang makanan pedas apalagi legendaris itu menjadi idola, bukan begitu sobat traveller, apalagi setelah capek beraktifitas. Nah di kedai Ayam Pedas Rantinem Genteng ini yang sudah ada sejak tahun 1970 an, menyajikan olahan dari ayam yang pedasnya membuat air liur menetes. Daging ayam kampung akan dibakar terlebih dahulu sebelum direbus bersama santan yang gurih dengan campuran bumbu tradisional dan tidak lupa dicampur dengan cabai yang pedas, daging ayam yang empuk ditambah dengan kuah santan gurih pedas pasti akan menggugah nafsu makan sobat traveller sekalian. Kedai makanan khas dan legendaris Banyuwangi ini terletak di Dusun Krajan, Genteng Kulon, Kec. Genteng, Banyuwangi ini buka pada jam 16.00 WIB sampai dengan jam 03.00 WIB. Hanya dengan merogoh kocek Rp. 20.000,- saja sudah bisa menikmati hidangan lezat ini.

Foto dari Hobimakanbanyuwangi.com

4. Rumah Makan Pecel Ayu

Nah setelah tadi membahas tentang hidangan Legendaris Banyuwangi soto campur rujak yang di mix, sekarang ada lagi nih hidangan daerah Banyuwangi yang menggabungkan dari dua rasa, yaitu rawon dan pecel. Seperti nasi pecel biasanya dengan bumbu kacang disini nasi pecel disiram dengan kuah rawon sehingga membuat rasa menuju ke level selanjutnya. Makanan Banyuwangi satu ini dilengkapi dengan empal sapi, serundeng, rempeyek udang, tahu goreng di tambah rebusan toge dan kacang panjang berkolaborasi membuat hidangan yang niqmat bingit. Rumah Makan Legendaris Kota Banyuwangi yang sudah ada sejak 1980 an ini berlokasi di Jl. Adi Sucipto, Banyuwangi dan buka pada jam 06.30 WIB sampai dengan 20.30 WIB. Hanya dengan uang Rp. 10.000 sobat sudah bisa menikmati kuliner satu ini.

Foto dari tripadvisor.com

5. Rawon Bik Ati Banyuwangi

Satu lagi hidangan rawon legendaris dari Banyuwangi, yaitu Rawon Bik Ati yang nikmat sudah ada sejak tahun 1940 an. Makanan Khas Banyuwangi ini dengan varian rawon yang bervariasi sobat bisa memilih rawon apa yang sesuai selera. Dimulai dari rawon empal sapi, rawon buntut, rawon limpah, rawon iga sapi, rawon babat pun juga ada. Disini juga tersedia makanan lain selain rawon, yaitu pecel lele, ayam dan udang goreng. Bertempat di Jl. A Yani, Tukang Kayu, Kec. Banguwangi – Banyuwangi ini buka dari jam 08.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB. Dimulai dengan harga Rp.27.500,- sobat sudah bisa kenyang dengan hidangan ini.

Foto dari Arief pokto.com

6. Sego Bungkus Bu Poer

Hidangan tradisional dan khas Banyuwangi berikutnya adalah Sego Bungkus Bu Poer, dengan hidangan khas tradisional jawa yang nikmat di lidah seperti nasi jagung, nasi putih, nasi merah, nasi kuning dengan berbagai lauk dari mulai telur dadar, ketewel (gudeg), ikan laut, krawu, dan gorengan. Sego Bungkus Bu Poer ini berlokasi di Jl. Jendral Sudirman, Panderejo, Penganjuran – Banyuwangi ini buka dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 21.00 WIB. Dengan kisaran harga mulai dari Rp. 15.000,- anda visa menikmati hidangan ini.

Foto dari Gotravelly.com

7. Sop Kesrut Rodiyah

Sop Kesrut Rodiyah Banyuwangi, sajian ini sudah terbilang langkah, untungnya anda masih bisa menikmati sajian makanan khas Suku Osing ini yang nikmat disini. Kuliner Kota Banyuwangi yang enak dan legendaris ini merupakan masakan dengan kaldu kental yang ditambah dengan balungan (tulang-tulang) ayam kampung dan ditambah daun bawang dan bumbu-bumbu lain. Rasanya yang gurih, asam, pedas akan membuat anda ketagihan. Sop Kesrut Rodiyah ini berlokasi di Dusun Krajan Desa Segobang, Kecamatan Licin – Banyuwangi. Dengan harga sekitar Rp. 15.000,- sampai dengan Rp.20.000,- kuliner legendaris ini sudah bisa anda nikmati.

Foto dari Putratravel.com

7 Kuliner Kota Banyuwangi yang Legendaris – Nah itulah beberapa refrensi kuliner khas daerah Banyuwangi yang enak, nikmat dan legendaris dan bisa menemani liburan teman traveller sekalian ketika mengunjungi Kota Banyuwangi.